Facebook SDK



Contoh soal Informatika tentang algoritma :

1. Apakah yang dimaksud dengan algoritma?

  Urutan langkah-langkah untuk memecahkan masalah secara logis.


2. Apa perbedaan antara algoritma dan program? 

  Algoritma adalah urutan langkah-langkah yang logis dan terbatas yang disusun secara sistematis dengan tujuan menyelesaikan suatu maalah tertentu. Sedangkan program adalah kumpulan intruksi berupa pernyataan yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman yang melibatkan pemilihan struktur data


3. Buatlah algoritma menulis dan mengirimkan surat! 

  Algoritma menulis : 1. Ambil pulpen/pensil

2. Ambil buku/tempat tulis

3. Mulailah menulis


 Algoritma mengirim surat : 1. Buat surat 

2. Masukkan kedalam amplop

3. Kasih Prangko

4. Kirim ke kotak Pos atau Pos Surat  


4. Buatlah algoritma mengambil uang di ATM! 

  1. Masukkan kartu ATM ke mesin ATM

  2. Pilih bahasa yang akan digunakan

  3. Masukkan kode PIN

  4. Memilih jenis transaksi (Tarik tunai)

  5. Tentukan jumlah uang yang akan diambil

  6. Mengambil struk dan kartu ATM 


5. Buatlah algoritma membuat kopi yang rasa manis dan pahitnya pas menurut anda!

  1. Ambil gelas

  2. Tuang kopi ke gelas

  3. Tuang air hangat

  4. Aduk

  5. Masukkan gula

  6. Aduk lagi

  7. Selesai, kopi siap diminum



6. Buatlah algoritma untuk proses aktivitas dari pagi sampai malam!

  1. Bangun tidur

  2. Sholat subuh

  3. Mandi

  4. Pakai baju

  5. Sarapan

  6. Sekolah

  7. Sholat Dzuhur

  8. Sekolah

  9. Sholat Ashar

  10. Makan

  11. Mandi

  12. Sholat Maghrib

  13. Ngaji

  14. Main game

  15. Sholat Isya

  16. Lanjut nugas kalo ada

  17. Main game kalo gk ada tugas

  18. Tidur


7. Suatu algoritma terdiri dari tiga struktur dasar, yaitu runtunan, pemilihan, dan perulangan. Jelaskan masing-masing!

  1. Runtunan adalah proses yang dilakukan secara beruntun dari langkah 1 sampai langkah n, atau langkah akhir. Tiap barisnya hanya dikerjakan satu-persatu tanpa ada loncatan atau perulangan, dilakukan sekali tiap instruksi.

  2. Pemilihan adalah pilihan yang harus dipilih oleh user. Terdapat pertanyaan, dan tergantung dari jawaban yang kita berikan, kita akan mengambil salah satu aksi untuk dijalankan.

  3. Perulangan adalah jenis pengontrolan yang berguna untuk mengefisienkan penulisan skrip program, khususnya untuk program-program yang membutuhkan proses berulang- ulang.


8. Sampai saat ini terdapat puluhan bahasa pemrogram, sebutkan bahasa pemrograman yang kalian ketahui?

  1. C++

  2. HTML

  3. JavScript

  4. Phyton

  5. C

  6. CSS





9. Berdasarkan pada tingkat kerumitan sebuah bahasa pemrograman, apakah notasi bahasa pemrograman lebih mendekati bahasa mesin atau ke bahasa manusia, maka bahasa pemrograman dikelompokkan atas dua macam, yaitu bahasa tingkat tinggi dan bahasa tingkat rendah. Jelaskan yang dimaksud dengan bahasa tingkat tinggi dan bahasa tingkat rendah?

  1. Bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah sebuah bahasa pemrograman yang jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman tingkat rendah memiliki sifat lebih mudah digunakan, lebih portabel antar-platform, dan lebih abstrak.

  2. Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic)



10. Buatlah algoritma untuk menghitung luas segitiga!

  1. Masukan nilai alas (a) dan nilai tinggi segitiga (t)

  2. Maka untuk menghitung luas digunakan rumus alas dengan tinggi yang sudah ditentukan.

  3. Rumus untuk menghitung Luas Segitiga yaitu L = 1/2*a*t.

  4. Nilai L (Luas) akan dicetak sebagai output ke perangkat output (keluaran)





SEMOGA BERMANFAAT👍

Post a Comment

Previous Post Next Post