Facebook SDK




  Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa hal yang berkaitan dengan ekonomi kreatif, Selamat membaca.










   Konsep Ekonomi Kreatif

  Kreatifitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik itu berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan yang ada sebelumnya.
 
  Seorang Wirausahawan adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menangkap peluang bisnis, mengumpulkan sumber daya yang di butuhkan untuk mengambil keuntungan dan tindakan yang tepat, serta memastikan keberhasilan.

  Peranan wirausahawan juga mampu membuka lapangan kerja baru, sehingga dapat membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran. Selain itu para wirausahawan harus memiliki gagasan kreatif yang sangat di perlukan dalam kehidupan ekonomi, karena gagasan ini muncul suatu ide yang inovatif yang akhirnya dapat menjadi pendorong dalam meningkatkan kegiatan ekonomi.

  Ekonomi kreatif merupakan pengembangan konsep yang berlandaskan sumber aset kreatif yang di harapkan mampu meningkatkan pertumbuhan potensi ekonomi.

Pemerintah mengidentifikasi lingkup ekonomi industri kreatif mencakup 14 subsektor yaitu:

  1. Periklanan (advertising). Kegiatan ini berkaitan dengan jasa periklanan, yaitu komunikasi satu arah dengan menggunakan medium tertentu. Meliputi proses kreasi, operasi, dan distribusi dari periklanan yang dihasilkan.
    Contoh = riset pasar, promosi, dan kampanye relasi publik.
  2. Arsitektur. Kegiatan ini berkaitan dengan desain bangunan secara menyeluruh, baik dari level makro (town planning, urban design, landscape atchitecture) sampai level makro (detail konstruksi).
    Contoh = perencanaan kota, konservasi bangunan warisan sejarah, dan desain taman.
  3. Pasar Barang Seni. Kegiatan ini berkaitan dengan perdagangan barang asli, unik dan langka serta memiliki nilai estetika seni dan sejarah yang tinggi melalui lelang, galeri, dan toko.
    Contoh = pelukis, pemahat, dan produser film.
  4. Kerajinan (craft). Kegiatan ini berkaitan dengan kreasi, produksi, dan distribusi produk yang dibuat atau dihasilkan oleh tenaga pengrajin yang berasal dari desain awal sampai proses penyelesaian produknya.
    Contoh = gantungan kunci, perhiasan, dan gelas hias.
  5. Desain. Kegiatan ini berkaitan dengan kreasi desain grafis, desain interior, desain produk, desain industri, konsultasi indentitas, dan jasa riset pemasaran serta produksi kemasan dan jasa pengepakan.
  6. Fashion. Kegiatan ini berkaitan dengan kreasi desain pakaian, desain alas kaki, dan desain model lainnya.
  7. Video, Film, dan Fotografi. Kegiatan berkaitan dengan kreasi produksi video, film, dan jasa  fotografi, serta distribusi rekaman video dan film.
    Contoh = penulisan skrip, dubbing film, dll.
  8. Game. Kegiatan ini berkaitan dengan kreasi, produksi, dan distribusi permainan komputer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan, dan edukasi.
  9. Musik. kegiatan ini berkaitan dengan kreasi atau komposisi, pertunjukan, reproduksi, dan distribusi rekaman suara.
  10. Seni Pertunjukan (showbiz). Kegiatan ini berkaitan dengan usaha pengembangan konten, dan produksi pertunjukan.
    Contoh = pertunjukan wayang, balet, dan drama.
  11. Penerbitan dan Pencetakan. Kegiatan ini berkaitan dengan penulisan konten dan penerbitan buku, serta kegiatan kantor berita dan pencari berita.
    Contoh = formulir, saham, dan paspor.
  12. Layanan Komputer dan Piranti Lunak (software). Kegiatan ini berkaitan dengan pengembangan teknologi informasi, termasuk layanan jasa komputer, pengolahan data, pengembangan database, pengembangan piranti lunak, integrasi sistem, desain dan analisis sistem, desain arsitektur piranti lunak, desain prasarana piranti lunak dan keras, serta desain portal masuk perawatannya.
  13. Televisi dan Radio (broadcasting). Kegiatan ini berkaitan dengan usaha kreasi, produksi, dan pengemasan acara televisi, penyiaran, dan transmisi konten acara televisi dan radio, termasuk kegiatan station replay (pemancar) siaran radio dan televisi.
  14. Riset dan Pengembangan. Kegiatan ini berkaitan dengan usaha inovatif yang menawarkan penemuan ilmu dan teknologi, serta mengambil manfaat terapan dari ilmu dan teknologi tersebut untuk perbaikan produk dan kreasi produk baru, proses baru, material baru, alat baru, metode baru, dan teknologi baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar. 





"SEMOGA BERMANFAAT"
😁😁😁
أحدث أقدم